Senin, 18 Mei 2009

KERAJINAN DI TUBAN

Tuban merupakan kota yang sangat indah. Selain memiliki keindahan, Tuban juga memiliki kerajinan yang bagus. Tuban mempunyai beberapa kerajinan, diantaranya:


1). BATIK

Batik merupakan kerajinan yang terdapat diKabupaten Tuban. Batik adalah gambar/ lukisan yang dibuat pada kain dengan bahan lilin dan pewarna(naptol), menggunakan alat canting atau kuas serta tehnik tutup celup. DiTuban memiliki beberapa sentra batik. Tetapi sentra batik yang terkenal di Tuban ada dua, yaitu Batik Karang dan Batik Gedog. Batik Gedog berpusat di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek. batik ini dinamakan Batik gedog, karena pada zaman dahulu ada seorang Cina datang ke Desa Margorejo. Dia melihat ada seorang pelukis yang sedang melukis diatas kain. Penduduk sekitar menyebutnya kain gedog. Kemudian orang Cina tersebut menyuruh pelukis itu, membatik diatas kain. tetapi orang Cina, membatik pada alat - alat rumah tangga. Seperti: mangkuk, guci, vase bunga, dan lain - lain. Yang sampai sekarang diabadikan penduduk Margorejo membuat batik pada kain. Selain itu juga ada batik Karang yang berpusat di Kecamatan Semanding.
Proses pembuatan batik:
1. Kain diputihkan dan dicuci
2. dijemur sampai kering
3. Dilengkreng / dipola
4. Isen - isen
5. Ditembok
6. dicelup dengan warna dasar
7. diangin -anginkan hingga kering
8. Isen - isen
9. Celup warna yang dikehendaki
10. Diangin - angink
11. Dilorot, untuk memisahkan malam
12. Diangin - anginkan hingga kering


2). GERABAH
Gerabah / tembikar adalah jenis keramik yang terbuat dari bahan tanah liat dengan suhu pembakaran rendah. Benda - benda Gerabah yang dipergunakan untuk keperluan sehari - hari sangat banyak, antara lain: Gentong, tempat wudlu, kendil, gendok, dan lain - lain. Tanah liat yang baik digunakan adalah yang butirannya halus, liat dan plastis. Daya susutnya tidak lebih dari 10 %.
Proses pengolahan bahan :
1. Bersihkan dulu tanah tersebut dari kerikil, kotoran, rumput, dan lain - lain.
2. Masukkan dalam bak pengolahan tanah liat dengan dicampur pasirhalus dan air.
3. Kemudian dirend
4. Angin - anginkan supaya liat dan lentur.
5. Tanah diremas - remas sambildilumatkan dan dibanting - banting diatas landasan papan.
6. Lakukan berkali - kali sampai benar - benar liat dan siap digunakan.


3). ANYAMAN YANG TERBUAT DARI BAMBU



Anyaman yang terbuat dari bambu ini caranya adalah mengepang sekurang - kurangnya 3 macam bambu. Anyaman menghasilkan tekstil yang sempit. Misalnya: Keranjang, Kukusan, Tampir dan lain - lain. Bambu yang baik digunakan adalah yang tua. Tetapi kalau dibuat kipas, bambunya harus yang muda.



























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar