Senin, 01 Juni 2009

KEISTIMEWAAN KOTA TUBAN

Tuban mempunyai beberapa keistimewaan. Banyak orang menggemarinya,sehingga menjadi suatu keistimewan yang khas.Keistimewaan di Tuban dapat berupa tempat wisata,misalnya air terjun Nglirip,pantai BOOM,pemandian Bekti Harjo,Gua Akbar,Gua Ngerong,Gua Putri Asih,Museum Kambang Putih dan yang lainya.


Tidak hanya tempat wisata yang menjadi keistimewaan Tuban,namun juga ada keistimewaan yang berupa kerajinan,misalnya saja batik dan gerabah.Batik yang terkenal di Tuban adalah batik tulisnya.Batik tulis yang terkenal di daerah Tuban yaitu batik "Gedog" dan batik "Karang"






Batik Gedok merupakan batik tradisional khas Tuban. Semua proses terjadi
nya batik masih dengan cara-cara tradisional, mulai dari penanaman kapas, pembuatan/ pemintalan benang, penenunan, sampai pada akhirnya proses pembatikan. Motif khas batik adalah gambar seekor burung Lacanang berhias bunga yang konon di bawa oleh prajurit Tar-Tar yang mendarat di pantai Tuban di zaman majapahit.Pusat produksi batik Gedok terletak di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek (25 KM barat Tuban).Bagi Anda yang ingin mendapatkan oleh-oleh batik ini sangatlah mudah, karena sudah banyak di jajakan di toko-toko yang menjual pakaian. Salah satu toko yang khusus menjual batik Gedok ini terletak di sebelah barat patung Tuban, atau perjalanan dari Tuban ke arah Merakurak.



Ongkek adalah tempat manaruh minuman Tuak & Legen yang dibuat dari bambu dengan dililit rapi oleh daun lontar.Saat ini agak jarang didapati penjual Tuak/Legen yang masih menggunakan Ongkek karena mereka lebih suka menggunakan jerigen.Bagi pengunjung Kota Tuban dapat dengan mudah untuk membeli miniatur Ongkek di pusat-pusat penjual cinderamata. Miniatur ini sangat bagus untuk hiasan ruang tamu keluarga.Kerajinan anyaman bambu khas Tuban sangat berpotensi sebagai komoditi ekspor industri kecil. Pusat industri anyaman bambu ini terletak si Kecamatan Merakurak (10 KM barat Tuban). Saat ini produk yang dihasilkan berupa tempat tissue, tempat buah, tempat pensil, dll. Selain itu kerajinan ini dapat dibentuk sesuai dengan pesanan, misalnya dengan mencantumkan nama pada hasil kerajinan bersangkutan.




Gerabah, kata yang sangat tidak asing lagi bagi kita semua. Walapun saat ini peranannya sebagai perlengkapan rumah tangga mulai tergantikan dengan produk dari logam, tetapi keberadaanya sebagai peninggalan budaya leluhur patutlah untuk kita lestarikan bersama.Di Tuban, pusat industri gerabah terletak di Kelurahan Karang - Kecamatan Semanding. Dilokasi ini Anda akan dapat menyaksikan keseluruhan proses produksi mulai dari penyaringan tanah, pembentukan motif, pembakaran dan sampai pada proses pemberian warna (cat). Keseluruhan proses tadi dilakukan dengan cara tradisional.Tas RajutBerpusat di Desa Sumorejo, Kecamatan Widang sekitar 30 KM dari pusat kota ke arah timur.


Keistimewaan di Tuban yaitu kesenian.Kesenian di Tuban yang terkenal adalah tayub.Tayub adalah karya musik yang tercipta dari peralatan musik jawa berupa gamelan dan lainnya.Penyanyinya biasa disebut Sinden.Lagunyapun masih ada unsur jawanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar