Jumat, 12 Juni 2009

Fisika

Mata pelajaran yang saya sukai sangat banyak, diantaranya: matematika, ipa, Bhs. Inggris, dan TIK. Misalnya saja, IPA, pada bab Fisika, yaitu yang saya sukai pada bab Getaran dan Gelombang.
Getaran adalah gerak bolak –balik secara beraturan yang dilakukan sebuah benda terhadap titik keseimbangan. 1 gerak bolak – balik penuh = ¼. 1 getaran adalah gerakan dari titik keseimbangan yang dicapai selama bolak – balik 1 kali penuh. Didalam getaran ada juga simpangan yang disebut dengan jarak antara benda yang bergeter dengan titik keseimbangan. Ada juga Amplitudo yang disebut dengan simpangan terbesar suatu benda yang bergetar.
Pada bab Getaran, juga ada Frekuensi dan Periode Getaran. Frekuensi adalah banyak nya getaran yang terjadi dalam 1 sekon.
Rumus Frekuensi :
Jumlah getaran

Waktu (sekon)
Keterangan : Frekuensi = F
Jumlah getaran = N
Waktu = t
Periode adalah Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 1 kali getaran.
Rumus Periode :
Waktu (sekon)
Jumlah getaran

Keterangan : Periode = T
Waqktu = t
jumlah getaran = N
Gelombang adalah getaran yang merambat. Getaran ini sebenarnya adalah bentuk energy, karena merupakan energy, getaran tersebut dapat berubah bentuk dan dapat berpindah tempat. Perpindahan gelombang dari satu tempat ketempat lain dapat melalui zat perantara (medium) atau tanpa melalui zat perantara (ruang hampa). Gelombang yang tidak memerlukan zat perantara dalam rambatannya adalah semua jenis gelombang Elegtromagnetik, Misalnya gelombang radio. Perpindahan gelombang radio dimanfaatkan untuk siaran televise, telepon genggam, dan alat komunikasi lainnya.
Gelombang yang tanpa memerlukan zat perantara dalam rambatannya disebut gelombang Mekanik. Contoh gelombang Mekanik : gelombang laut, gelombang pada tali, dan gelombang bunyi. Berdasarkan arah rambatannya, gelombang dibedakan menjadi 2 macam, yaitu gelombang Transversal dan gelombang Longitudinal.
Gelombang yang terjadi pada kegiatan diatas disebut gelombang Transversal. Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah penjalarannya. Contoh gelombang Transversal adalah gelombang Elegtromagnetik, gelombang bunyi, dan gelombang permukaan laut.
Gelombang Transversal ini terdiri atas bukit gelombang dan lembah gelombang. Didalam bab Gelombang juga ada Lamda yang disebut panjang 1 gelombang. Atau bias juga diartikan panjang gelombang. Panjang gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang dalam 1 periode.
Gelombang Longitudinal adalah gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya. Contoh : gelombang pada slinki yang di gerakkan maju mundur dan gelombang bunyi. Satu buah gelombang pada gelombang Longitudial terdiri dari satu rapatan dan satu renggangan. Besaran adalah segala sesuatau yang dapat diukur.
Besaran – besaran pada gelombang : periode, gelombang, panjang gelombang, dan cepat rambat gelombang . Hubungan antara periode dan frekuensi T = I/F. Rumus panjang gelombang : s/n. Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang setiap detik. Rumusnya : v= s/t atau (lamda . f).
Sifat – sifat gelombang :
1). Gelombang dapat dipantulkan (refleksi)
2). Gelombang dapat dibiaskan (refaksi)
3). Gelombang dapat dilenturkan (difraksi)
4). Gelombang dapat dipadukan (interferensi/ integrasi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar